Dengan rasa penyesalan yang mendalam saya sampaikan maaf beribu maaf kepada para sahabat,visitor dan komentator di blog ini yang barangkali telah sekian lama menanti buku referensi mengenai Model Model Pembelajaran Kooperatif seperti Pairs Check, Jig Shaw, Scrambel, Talking Stick, dsb. Namun baru saat ini bisa saya sampaikan.

Sebenarnya postingan saya mengenai model-model pembelajaran tersebut bersumber dari materi workshop ToT Guru Pemandu KKG SD in service 2 di LPMP Jawa Tengah/Semarang. Setelah saya share di blog ini ternyata mendapat sambutan positif dari para tamu istimewa. Jadi bukan bersumber dari sebuah buku. Namun saya berusaha mencari dan mencari buku-buku yang bisa menjadi referensi dari model pembelajaran tersebut.

Dan alhamdulillah….pada kesempatan ini akhirnya saya baru bisa menyampaikan beberapa buku referensi mengenai model pembelajaran kooperatif. Mudah-mudahan masih dapat diterima dan walaupun sedikit tetap ada manfaatnya.

1. Model-model Pembelajaran -oleh Anita Lie

2. Pembelajaran di Kelas Kita -oleh Udin Winata Putra, Universitas Terbuka

3. Menjelajah Pembelajaran Inovatif – oleh Dr.Suyatno,MPd, Masmedia Buana Pustaka 2009

4.  Cooperative Learning 2nd ed. – oleh Slavin,RE 1997, Massachussets: A Simon & Schuster Co.

Untuk buku referensi nomor 1 dan 2 sudah saya sampaikan sebagai jawaban atas para tamu istimewa yang menanyakan buku referensi. Namun agaknya masih kesulitan menemukan kedua buku tersebut. Hal ini mungkin bukunya sudah sangat langka karena sudah tidak dicetak lagi, atau mungkin di daerah sahabat perpustakaan daerah, toko buku, toko buku loak, dsb memang sudah  tidak mempunyai buku tersebut.

Untuk buku nomor 3 dan 4 saya optimis di perpustakaan daerah atau toko buku dan toko buku laok  masih ada.Semoga ya….

Apabila saya menemukan buku referensi lain yang masih relevan tentu akan saya sampaikan lagi. Atau barangkali ada sahabat yang sudah menemukan buku referensi lain? Silakan beritahukan teman dan sahabat Anda melalui komentar di blog ini.Terimakasih

Salam hangat jabat erat ……

(http://wyw1d.wordpress.com)